Bismillahirromanirrohiim..Share sesuatu yang bermanfaat. Insyaa Alloh

Tuesday, April 14, 2020

Jumlah penambahan refrigeran (Charging Refrigerant)


 Jumlah penambahan refrigeran (Charging Refrigerant)


Penambahan Refrigeran (https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images)




Penambahan refrigeran (charging refrigerant) perlu dilakukan ketika unit sudah di tes nyala (Tes start-up), hal ini perlu dilakukan supaya di dalam sistem HVAC maupun refrigerasi bekerja secara normal dan optimum sesuai dengan standar dari factory pembuatnya (manufacture).
Beberapa indikator di mana menunjukan perlunya suatu unit sistem baik itu AC maupun refrigerasi memerlukan untuk penambahan jumlah refrigeran diantaranya dapat dilihat dari :
  • Tekanan kerja sistem yang bekerja
  • Ampere (arus) dari sistem yang bekerja
  • Ada juga dari bentukan bunga es (frost line)
  • Dan ada rumus formula untuk mengestimasi / kalkulasi
Pada prinsipnya penambahan jumlah refrigeran akan selalu bergantung pada panjang pipa dari sistem dan dimensi pipa yang dipakai, tentunya volume pipa 1/4 inci akan berbeda dengan pipa 7/8 inci. Sebagai catatan pipa yang dimaksud adalah pipa yang umum atau lazim dipakai adalah pipa tembaga (copper). Khususnya untuk pipa untuk diaplikasikan pada AC Variable Refrigerant Volume (VRV) adalah standar ASTMB280.

Ekuivalen Pipe length is function of diameter pipe.
Lp =F(D)                ...(1)

Supaya kita dapat mensimulasikan penambahan refrigeran kepada unit sistem, template penambahannya dapat di unduh di sini.

  • Video penggunaan Template

*notes :
  • Masukan panjang sistem pipa sesuai dengan data aktual dan faktual di lapangan atau bisa juga dari estimasi total dari drawing project.

  
Sumber :
- Daikin AC
- lainnya

Rizki Muliawan, S.Pd.,M.T.


No comments:

Post a Comment