Bismillahirromanirrohiim..Share sesuatu yang bermanfaat. Insyaa Alloh

Monday, April 27, 2020

Finansial di era Pandemi saat ini.




Link terkait artikel :






Iamrizkimuliawan. Tasikmalaya, 27 April 2020. Berikut insight yang penulis dapatkan dari beberapa kajian selama pandemic ini terjadi.


Hidup sederhana pada kondisi saat ini

Ketika kondisi saat ini hal yang perlu dilakukan adalah hidup bersyukur dan jangan berlebihan, hiduplah se-esensial mungkin. Ada beberapa strategic finansial (Personal, UMKM) yang dapat kita kita terapkan (applied), mari kita sama2 baca dan resapi.
“Selamat membaca”
https://blog.spendesk.com/en/crisis-action-plan-finance-teams

Strategi finansial personal

Strategi finansial personal yang perlu diperhatikan, diantaranya adalah :
1) Berhemat
2) Membantu finansial orang yang memang susah sebisa mungkin, sedekat mungkin dengan kita, ex : saudara, tetangga mungkin diusahakan terdekat.
3) Tabungan untuk 1 tahun ke depan dikarenakan situasi Pandemi ini susah dan ketidak pastian, maka diperlukan Dana Darurat 1 tahun ke depan (12 x pengeluaran bulanan).
4)    Hidup esensial (makan, kebutuhan wajib), pintar memilah mana yang butuh (needs) atau kebutuhan (butuh aja atau butuh banget) dengan keinginan (wants), pilihlah yang butuh banget serta hati2 akan keinginan.
Di saat seperti ini disarankan juga makan dan olahraga yang cukup untuk kesehatan, minum vitamin dan buah-buahan. Jangan lupa untuk  memperbanyak sedekah, karena dapat menolak bala. Di samping itu disetiap harta kita terdapat harta milik orang lain. Alloh SWT melarang kita untuk hidup berlebihan.

Perlunya Dana Darurat (Emergency Fund)

KEMBALI KE FINANSIAL, MASA SAAT INI adalah Golden Rule-nya harus punya "Dana Darurat'' emergency fund. Bentuknya adalah tabungan (cash), yang dapat dipakai langsung.
Dana Darurat adalah sejumlah dana atau tabungan yang digunakan secara tidak terduga / di situasi darurat, ex: cash, or uang tabungan. Sejatinya uang / dana ini tidak usah di utak-atik kalo memang tidak urgent sama sekali. Dana darurat = benteng pertahanan terakhir.
Pertanyaan kalo tidak punya dana darurat ya jual aset / cairin aset (liquidity) yang kita punya, ini mungkin salah satu opsi. Pada akhirnya, ikhtiar itu wajib, ketika ikhtiar mentok yakinlah bahwa hidup kita dan rezeki kita masih ada dari Alloh SWT.
Sekali lagi hiduplah dengan esensial yang penting bersyukur kita masih hidup, masih bisa makan, dan tempat tinggal. Mari ikat pinggang untuk hidup bersyukur hemat dan bersahaja, karena kita tidak tau sampai kapan Pandemi ini berakhir. ?

Bulan Ramadhan ini saatnya atur prioritas berbuka puasa, makan yg layak/pantes dan jangan berlebihan jangan lupa makan sampai habis jangan ada sisa. Sekali lagi dimampukan gunakan harta secukupnya dan jangan lupa dlm harta kita ada hak orang lain. ZISWAF (Zakat infaq sedekah wakaf) adalah tulang punggung Islamic finance.

Strategi for finance UMKM ?

Strategy financial UMKM, perseroan untuk dapat bertahan adalah dengan cek liquidity ratio yaitu cek cukup untuk berapa bulan operasional.

Investasi bagaimana ?? Pada instrumen apa ?

Investasi PD saat Pandemi ini, sangat sulit dan sangat kurang bijak pada sektor riil yg kena dampak saat ini, ex : di saham walaupun harga nya turun, beli buat akumulasi misal harus benar dipertimbangkan dengan bijak, tanggung jawab, rasional, terukur manajemen plan risknya, tidak spekulasi tentunya. Saran kalo ada private company yg menawarkan kerjasama tentunya menarik, apalagi usaha yg halal dan berjalan di jalan Allah SWT.


Sekian, semoga bermanfaat. Terimakasih sudah membaca. Salam. 

Sumber :
-      konsultans finance independent

1 comment:

  1. menangkan uang sebanyak-banyaknya hanya di AJOQQ :D
    AJOQQ menyediakan 9 permainan seru :)

    ReplyDelete